desain dinding interior
Artikel Batu Alam,  Jenis Batu Alam

7 Material Untuk Desain Dinding Interior Unik, Pengganti Dinding Polos

7 Material Untuk Desain Dinding Interior Unik – Dinding merupakan salah satu elemen yang pasti ada pada sebuah bangunan dan keberadaannya sangat penting. Fungsi dari dinding sendiri adalah sebagai pemisah atau pembentuk ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah. Selain itu, dinding juga berfungsi sebagai pelindung bagian dalam rumah dari cuaca dan hal lainnya dari luar, termasuk di antaranya suara-suara bising.

Umumnya, dinding dibuat polos hanya dengan sentuhan warna cat saja. Hal ini terkadang terlihat membosankan bagi beberapa orang, khususnya bagi orang-orang yang mengerti seni. Biasanya, untuk mensiasati agar dinding tersebut tidak terlihat polos, pemilik rumah akan memasang berbagai dekorasi dinding seperti lukisan, foto, hingga floating shelves (rak melayang).

Namun, pemasangan berbagai dekorasi pada dinding polos juga terkadang bukanlah menjadi solusi yang pas apabila Anda tidak pandai dalam menatanya. Penataan dekorasi dinding memiliki trik tersendiri agar tidak terlihat terlalu ramai dan akhirnya membuat dinding rumah terkesan sesak. Jika ingin memasang dekorasi dinding, pasanglah secukupnya dengan penataan yang sesuai dan tidak berlebihan.

7 Material Untuk Desain Dinding Interior Unik

Untuk solusi yang lebih menarik, cobalah untuk mengubah material pelapis dinding rumah Anda menjadi lebih bervariasi. Berikut beberapa material untuk desain dinding unik yang dapat digunakan sebagai pengganti dinding polos yang monoton, di antaranya :

  1. Kayu 

desain dinding interior
Kayu

Material untuk desain dinding interior unik yang pertama adalah kayu. Kayu merupakan salah satu jenis material alami yang disukai banyak orang, khususnya bagi masyarakat yang menyukai konsep rumah klasik. Namun jangan salah, saat ini kayu juga telah banyak diolah menjadi berbagai macam model dan finishing. Seperti pada contoh gambar di atas, kayu dibuat menjadi potongan-potongan lempengan tipis dan tajam, yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk desain dinding interior yang sangat unik.

  1. Kaca / Cermin 

desain dinding interior
Kaca / Cermin

Material ini merupakan material yang seringkali digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dari kondisi aslinya. Biasanya, kaca digunakan sebagai dinding pembatas antar ruangan. Bahkan ada yang menggunakan kaca sebagai pengganti dinding utama rumah, yaitu dinding eksterior rumah. Keunggulan penggunaan kaca sebagai dinding adalah dapat membuat rumah terkesan lebih bersih dan modern. Namun diperlukan perawatan khusus, dan kehati-hatian agar kaca tidak mudah kotor dan pecah.

  1. Keramik

desain dinding interior
Keramik

Penggunaan keramik umumnya lebih ditujukan untuk lantai. Namun banyak pula masyarakat yang menggunakan keramik sebagai pelapis dinding, khususnya pada dinding kamar mandi dan dapur. Keramik untuk dinding memang memiliki kelebihan tersendiri, yaitu tahan lama, mudah dibersihkan, dan mudah dalam pemasangan. Keramik juga memiliki berbagai macam motif dan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan selera, sehingga kesan monoton pada dinding pun tidak akan muncul pada dinding rumah.

  1. Wallpaper / Wallsticker

desain dinding interior
Wallpaper / Wallsticker

Bagi orang-orang yang tidak menyukai sesuatu yang ribet, mungkin akan memilih wallpaper / wallsticker untuk melapisi dinding rumah mereka. Wallpaper atau wallsticker bukanlah material, melainkan hanya sebagai aksesoris tambahan agar dinding terlihat lebih bermotif. Kelebihan utama dari wallpaper ini adalah praktis, yang mana cara menggunakannya hanya tinggal ditempelkan pada permukaan dinding, dan otomatis seluruh cacat pada dinding akan tertutupi. Selain itu, wallpaper juga memiliki sangat banyak motif dari yang elegan dewasa, hingga yang lucu untuk anak-anak.

  1. Marmer

desain dinding interior
Marmer

Material berikut ini merupakan material yang paling mahal dan terlihat mewah dibanding yang lainnya. Marmer memiliki corak dan warna yang alami tak beraturan, sehingga akan membuat dinding tampak lebih indah. Selain itu, marmer juga dapat memberikan suhu yang lebih dingin pada ruangan, karena sifatnya yang dapat menyerap panas. Kekurangan marmer tentu saja terletak pada harganya yang relatif mahal, inilah mengapa sangat jarang rumah biasa yang menggunakannya untuk dinding. Biasanya dinding marmer banyak ditemukan pada rumah-rumah mewah atau gedung-gedung penting seperti hotel dan sebagainya.

  1. Batu Bata Merah

desain dinding interior
Batu Bata Merah

Penggunaan batu bata merah sudah sangat banyak ditemukan pada rumah-rumah, khususnya rumah-rumah dipedesaan. Namun yang ditekankan disini adalah batu bata merah yang tidak dilapisi plester, atau yang masih terlihat jelas bentuk asli dari batu bata merah itu sendiri. Pada rumah-rumah modern saat ini, batu bata merah banyak digunakan untuk desain dinding interior ruangan-ruangan tertentu, seperti misalnya ruang keluarga. Dengan ini, kesan alami sekaligus keren akan sangat tampak pada interior rumah.

  1. Batu Alam

desain dinding interior
Batu Alam

Untuk material desain dinding interior yang terakhir adalah batu alam. Batu alam sendiri sudah seringkali digunakan pada rumah-rumah atau bangunan tertentu, hanya saja biasanya digunakan pada dinding bagian luar rumah. Padahal penggunaan batu alam sebagai pengganti dinding interior dapat memberikan kesan adem dan alami bagi rumah dan seisinya. Selain itu, batu alam juga terkenal dengan sifatnya yang kuat dan tahan lama tanpa memperlukan perawatan khusus. Terdapat banyak jenis batu alam yang dapat dipilih, seperti batu andesit, batu candi, batu palimanan, batu paras jogja, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis batu alam tentunya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Pola pemasangan batu alam pada dinding pun beragam, sehingga akan memudahkan dalam pemilihan pola mana yang paling cocok untuk ruangan-ruangan di rumah.

Demikianlah 7 material yang bisa digunakan untuk desain dinding interior menjadi lebih unik, sebagai pengganti dinding polos nan monoton. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

7 Jenis Batu Alam Cirebon untuk Dinding Paling Populer

Inilah Kelebihan & Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

Model Batu Alam Untuk Dinding Terbaru (2019)

Keramik Batu Alam Untuk Kamar Mandi Minimalis

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *