batu alam putih
Artikel Batu Alam,  Jenis Batu Alam

Batu Alam Putih, Pilihan Tepat Untuk Menghiasi Dinding Rumah Anda

Batu alam putih merupakan sebutan bagi jenis batuan alam yang memiliki warna dasar putih. Salah satu jenis batuan alam tersebut adalah batu paras jogja. Batu paras jogja sendiri merupakan jenis batuan sedimen atau endapan yang berasal dari proses sedimentasi lapisan tanah dan zat kimia yang dihanyutkan oleh air.

Jenis batu ini banyak dijumpai di daerah yang berlapis tanah kapur seperti Wonosari, Yogyakarta. Inilah mengapa batu alam putih ini disebut dengan batu paras jogja. Satu hal yang paling menarik perhatian dari batu paras jogja adalah warnanya yang seputih salju.

Sebenarnya batu paras jogja ini memiliki 2 warna, yaitu putih dan krem. Untuk batu paras krem memiliki nama lain yaitu batu paras kulonprogo. Meskipun warnanya berbeda, namun karakteristiknya tetap sama yaitu bertekstur lembut dan memiliki tingkat porositas yang tinggi.

Pengaplikasian Batu Alam Putih Untuk Rumah

Karena karakteristiknya yang lembut dan berporositas tinggi, batu alam putih ini lebih cocok digunakan untuk pengaplikasian interior rumah, seperti dinding ruang tamu, ruang keluarga, ruang kamar, dan lainnya. Khusus untuk ruangan yang tidak sering terkena air dan             paparan cahaya matahari.

Perlu diketahui bahwa batu yang berporositas tinggi akan mudah ditumbuhi oleh lumut maupun jamur, sehingga kurang cocok untuk diaplikasikan pada eksterior rumah ataupun tempat-tempat yang terlalu lembab, karena selain ditumbuhi lumut juga akan mudah keropos.

Alasan lainnya mengapa batu alam putih lebih cocok untuk interior adalah karena tampilan fisiknya yang berwarna putih cerah sehingga dapat membuat keadaan isi rumah lebih terang. Terlebih apabila dipadukan dengan cahaya lampu yang pas, tampilan rumah akan lebih mewah dan elegan.

Namun, bukan berarti batu alam putih tidak dapat diaplikasikan pada eksterior dan ruangan lembab di dalam rumah. Tentu saja bisa, asalkan dilapisi dengan coating setelah selesai pemasangan dan dilakukan coating ulang setiap 3 bulan sekali agar lumut tidak cepat tumbuh di permukaan batu.

Contoh Pemasangan Batu Alam Putih Pada Dinding Interior dan Eksterior

1. Dinding Ruang Keluarga

batu alam putih
Ruang Keluarga

Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa batu alam putih memang sangat diaplikasikan pada dinding interior rumah. Salah satu ruangan terbaik adalah ruang keluarga, karena disinilah para anggota keluarga sering menghabiskan waktu bersama untuk sekedar bersantai menonton TV atau bercengkerama.

Keindahan dinding batu alam putih paras jogja akan membuat suasana ruangan menjadi lebih adem. Selain itu, batu paras jogja ini juga membuat ruang keluarga menjadi lebih indah dan dapat dijadikan sebagai spot berfoto bersama. Asyik bukan? 😉

2. Dinding Tepi Tangga

batu alam putih
Tepi Tangga

Elemen berikut ini mungkin tidak dimiliki oleh semua orang, karena hanya rumah 2 lantai yang memilikinya. Dinding tepi tangga biasanya menggunakan dinding polos biasa, lalu ditempeli berbagai hiasan / dekorasi dinding seperti figura dan lain-lain.

Untuk kesan yang berbeda dan anti monoton, dinding tepi tangga dapat diganti menggunakan batu alam putih paras jogja dengan pola pemasangan acak. Dengan pengaplikasian batu alam putih ini, tidak diperlukan lagi penempelan berbagai dekorasi dinding yang seringkali justru membuat dinding tampak sesak.

3. Dinding Ruang Santai

batu alam putih
Ruang Santai

Ruang bersantai jarang dimiliki oleh perorangan secara pribadi di dalam rumah. Biasanya ruangan ini ada di dalam penginapan-penghinapan seperti hotel. Dapat dilihat pada contoh gambar di atas bahwa pemasangan batu alam putih sangat memberikan kesan yang berbeda pada dinding.

Perpaduan antara dinding dengan taburan batu koral di bagian lantai terlihat sangat matching dan aesthetic, namun tentunya tetap terlihat alami. Inilah mengapa desain seperti dibuat untuk ruang bersantai, karena dapat membuat orang lebih rileks.

4. Dinding Kamar Mandi

batu alam putih
Kamar Mandi

Penggunaan batu alam pada kamar mandi bukanlah hal yang asing dilakukan. Biasanya jenis batuan alam yang digunakan adalah batu-batu yang berkarakteristik keras dan padat contohnya batu andesit, batu templek, ataupun batu marmer.

Namun tidak ada salahnya untuk menggunakan batu alam putih seperti contoh di atas. Hanya saja diperlukan adanya perawatan khusus seperti coating secara rutin. Coating juga bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan.

5. Dinding Depan Rumah

batu alam putih
Depan Rumah

Dinding depan rumah atau dinding teras merupakan elemen favorit untuk mengaplikasikan batu alam apapun. Karena disinilah mata orang tertuju ketika hendak masuk ke dalam rumah, sehingga desain dinding setidaknya harus dibuat menarik.

Pada gambar di atas, batu alam putih tampak sangat menyatu dengan desain rumah yang minimalis, meskipun ukurannya besar. Batu alam putih tidak terlihat mendominasi, namun tetap memberikan perbedaan yang positif bagi tampilan keseluruhan rumah.

6. Dinding Pagar

batu alam putih
Pagar

Selain dinding depan rumah dan teras, dinding pagar juga menjadi pemandangan utama karena letaknya yang berada tepat di depan rumah. Pagar yang menarik akan membuat orang yang lewat memberikan kesan yang baik bagi rumah dan pemiliknya.

Dari contoh gambar di atas, desain pagar dibuat menggunakan batu alam putih yang disesuaikan dengan beberapa bagian dinding rumah. Ukuran pagar yang cukup tinggi menyesuaikan ukuran rumah yang besar, sehingga porsinya pas dan terlihat elegan.

7. Dinding Taman

batu alam putih
Taman

Biasanya, batu alam yang diaplikasikan untuk taman digunakan sebagai penghias lantai. Batu andesit dibuat untuk jalan setapak taman, dan batu koral sikat ditaburkan pada lantai taman. Hal tersebut sudah sangat biasanya dilakukan untuk menghiasi taman.

Kali ini, cobalah untuk menghiasi setengah bagian dinding taman menggunakan batu alam putih dengan pola pemasangan acak. Pada bagian atas dinding, hiasilah dengan tanaman-tanaman yang merambat ke bawah agar tetap terlihat menyegarkan.

8. Dinding Rumah Full

batu alam putih
Rumah Full

Pengaplikasian batu alam putih secara full untuk dinding mungkin menjadi hal yang cukup beresiko bagi sebagian orang, karena mengingat karakteristiknya yang lembut dan berporositas tinggi. Namun sebenarnya hal tersebut tidak seharusnya dikhawatirkan karena adanya coating.

Dinding batu alam putih yang dilapisi coating secara rutin dan dirawat dengan baik tidak akan mudah rusak maupun berlumut. Justru tampilannya akan semakin indah, karena pada dasarnya fungsi lain dari coating adalah membuat tampilan batu lebih indah.

9. Dinding Halaman Belakang

batu alam putih
Halaman Belakang

Area belakang rumah biasanya cenderung kurang diperhatikan karena dianggap tidak terlihat oleh orang luar. Padahal jika area belakang rumah dibuat menarik, lokasi tersebut dapat dijadikan tempat bersantai sekaligus spot foto yang bagus.

Pengaplikasian batu alam putih acak disini hanya membutuhkan sedikit batu alam, namun tetap membuat perbedaan yang baik bagi tampilan halaman belakang rumah. Perpaduan dinding dengan tanaman-tanaman membuat area belakang rumah tampak indah alami.

Demikianlah beberapa pengaplikasian batu alam putih untuk menghiasi dinding interior dan eksterior rumah. Semoga dapat bermanfaat! 😉

===============================================================================

Related Posts :

Pengaplikasian 5 Jenis Batu Alam Dinding

Pengaplikasian Batu Alam Kuning Pada Interior & Eksterior Rumah

Jenis Coating Batu Alam yang Tepat Sesuai Jenis Batu Alam

Batu Alam Putih Untuk Dinding Berkarakter Eropa

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

Harga Batu Alam Putih 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *