pagar batu alam minimalis
Artikel Batu Alam

10 Inspirasi Desain Pagar Batu Alam Minimalis Terbaik

Pagar batu alam minimalis – Definisi pagar adalah sebuah struktur yang dibuat di atas permukaan tanah dengan fungsi untuk membatasi sebuah area, menghalangi agar tidak ada lalu lintas, atau melindungi apa yang ada di dalam pagar dari bahaya yang mungkin mengancam dari luar. Umumnya pagar terletak di bagian depan rumah atau bangunan lainnya.

Seiring dengan perkembangan jaman, fungsi pagar bukanlah hanya sebagai pengaman. Kini fungsi pagar juga dikaitkan dengan keindahan tampilan luar rumah. Desain pagar yang indah juga akan membawa kesan positif bagi rumah itu sendiri.

Bagaimana Cara Membuat Desain Pagar yang Baik dan Menarik?

Adanya banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat desain pagar yang baik dan menarik, di antaranya :

  • Model atau desain pagar haruslah sesuai dengan konsep rumah

Desain pagar rumah tidak boleh timpang desain konsep rumah. Apabila rumah berkonsep minimalis, maka buatlah pagar dengan desain minimalis. Apabila rumah berkonsep klasik, maka buatlah pagar berdesain klasik. Begitupun dengan konsep lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar gaya bangunan secara keseluruhan tampak menyatu.

  • Perhatikan ukuran tinggi pagar

Ukuran tinggi rendahnya pagar dapat mengukur tingkat keamanan bagi rumah dan penghuninya. Pagar dengan ukuran rendah tentunya lebih beresiko tidak aman dibandingkan dengan pagar yang tinggi. Tetapi jangan membuat pagar dengan ukuran yang terlalu tinggi karena akan memberikan kesan tertutup.

  • Fungsi dan keindahan harus seimbang

Seperti kita ketahui bahwa utama pagar adalah sebagai pengaman sebuah bangunan. Tetapi di samping itu, tentunya pagar juga haruslah menjadi faktor pendukung keindahan rumah. Hal ini masih berkaitan dengan point-point sebelumnya. Kehadiran pagar jangan sampai menjadi penghalang bagi keindahan rumah dari luar. Sebaliknya, pagar diharapkan dapat menambah nilai keindahan dari rumah itu sendiri.

  • Pilihlah material pembuatan pagar yang kokoh namun memiliki nilai estetika

Ada banyak jenis material yang dapat dipilih untuk pembuatan pagar, di antaranya adalah besi, beton, kayu, hingga batu alam. Dari beberapa material tersebut, batu alam yang dapat memenuhi kedua fungsi pagar. Batu alam terkenal dengan karakteristiknya yang kokoh dan tentunya memiliki berbagai macam jenis, warna, dan corak yang indah pula.

Inspirasi Desain Pagar Batu Alam Minimalis

  1. Sesuaikan dengan carport

pagar batu alam minimalis
Sesuaikan Dengan Carport

Inspirasi desain pagar batu alam minimalis yang pertama ini dibuat dengan batu templek. Bentuk pagar disesuaikan dengan dinding dan atap yang terdapat pada carport mobil. Keduanya sama-sama dibuat terpotong-potong sehingga menghasilkan kombinasi yang sangat pas. Warna alami batu templek pun sangat serasi dengan warna cat dinding rumah.

  1. Buat batu alam sebagai gapura pagar

pagar batu alam minimalis
Gunakan Batu Alam Sebagai Gapura Pagar

Pagar batu alam minimalis kedua ini dibuat dengan batu andesit. Terdapat dua jenis batu andesit yang digunakan, yaitu batu andesit alur dan batu andesit rata alam. Batu andesit alur diaplikasikan pada bagian gapura pagar, sedangkan batu andesit rata alam diaplikasikan pada setengah bagian bawah dinding pagar. Gapura batu andesit alur sengaja dibuat serasi dengan dinding rumah. Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa desain pagar batu alam minimalis memberikan kesan yang mewah pada rumah yang sederhana.

  1. Tambahkan sedikit area untuk menanam bunga

pagar batu alam minimalis
Tambahkan Sedikit Area Untuk Menanam Bunga

Jika desain kedua tadi menggunakan jenis batu yang sama untuk pagar dan dinding rumah, maka berbeda dengan desain berikut ini. Pagar batu alam minimalis dibuat dengan jenis batu candi, sedangkan dinding rumah menggunakan batu palimanan. Meskipun berbeda jenis dan warna, kombinasi keduanya tetap memberikan kesan yang menarik. Desain pagar dibuat simple dengan sentuhan bebungaan di bagian depan pagar.

  1. Serasikan warna cat pagar dengan warna alami batu alam

pagar batu alam minimalis
Serasikan Warna Cat Pagar Dengan Warna Alami Batu Alam

Sama seperti desain ketiga, batu alam yang digunakan pada desain keempat ini pun berbeda antara dinding dengan pagar. Dinding rumah menggunakan jenis batu andesit rata alam dengan pola pemasangan koboi bandung, sedangkan pada bagian pagar menggunakan jenis batu bronjol yang disusun dengan pola acak. Yang membuat desain ini menarik adalah warna pagar yang dibuat senada dengan warna batu pada dinding, sehingga menghasilkan tampilan yang elegan.

  1. Simple & senada dengan dinding rumah

pagar batu alam minimalis
Simple & Senada Dengan Dinding Rumah

Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas, pagar batu alam minimalis dibuat dengan sangat sederhana, namun tetap berestetika. Mengapa batu alam pada pagar dibuat simple? Karena desain dinding rumah sudah penuh dengan batu alam. Hal ini bertujuan agar tampilan rumah secara keseluruhan tidak terlalu penuh dengan batu. Selain itu, warna dari pagar dan dinding rumah tampak senada meskipun berbeda.

  1. Gunakan batu alam hanya pada pilar pagar

pagar batu alam minimalis
Gunakan Batu Alam Hanya Pada Pilar Pagar

Apabila pada desain lainnya batu alam digunakan pada bagian dinding pagar, maka kali ini batu alam hanya diaplikasikan pada bagian pilar pagar saja. Sedangkan pada bagian dinding pagar dibuat selayaknya dinding biasa. Dengan sedikit sentuhan batu alam, tampilan pagar batu alam minimalis tetap tampak kokoh dan tentunya indah.

  1. Kombinasikan pagar yang pendek dengan tumbuhan hijau

pagar batu alam minimalis
Kombinasikan Pagar yang Pendek Dengan Tumbuhan Hijau

Jika diperhatikan, desain pagar batu alam minimalis berikut ini memang sangat sederhana. Tetapi yang membuatnya menarik adalah adanya tumbuhan hijau pada bagian depan pagar. Tumbuhan hijau ini membuat pagar tampak lebih berisi, meskipun sebenarnya pagar tersebut cenderung pendek dan kecil.

  1. Pagar mini untuk rumah mini

pagar batu alam minimalis
Pagar Mini Untuk Rumah Mini

Mungkin pagar batu alam minimalis di atas terkesan nyeleneh atau bahkan “percuma”. Meskipun pagar dibuat sangat pendek, tetapi tetap menarik bukan? Pagar mini tersebut mungkin dibuat bukan dengan tujuan sebagai pengaman, tetapi lebih pada nilai estetika yang ditampilkannya. Selain itu, pagar pendek juga dapat digunakan sebagai tempat duduk bersantai.

  1. Full batu templek

pagar batu alam minimalis
Full Batu Templek

Hampir sama dengan desain pagar batu alam minimalis kelima, desain berikut ini pun dibuat sangat simple. Hanya saja, pagar dibuat dengan full batu templek. Batu templek memberikan kesan yang kokoh dan tentunya dapat menjadi pengaman yang baik bagi sebuah rumah.

  1. Pasang batu alam dengan pola yang menarik

pagar batu alam minimalis
Pasang Batu Alam Dengan Pola yang Menarik

Apabila bosan dengan model pagar yang begitu-begitu saja, cobalah untuk mengaplikasikan batu alam dengan pola yang menarik seperti contoh di atas. Batu alam disusun dengan pola zig-zag dengan memperhatikan susunan dari dua warna yang berbeda. Hal ini akan membuat tampilan pagar menjadi lebih menarik dan tidak monoton.

Demikianlah beberapa inspirasi desain pagar batu alam minimalis yang dapar kami bagikan. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Baca juga :

Tiang Teras Batu Alam, Tips Mudah Memperindah Eksterior Rumah

Desain Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Batu Alam

Model Batu Alam Untuk Teras Rumah

Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *