taman depan rumah sederhana
Artikel Batu Alam

Desain Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Batu Alam

Taman Depan Rumah Sederhana Dengan Batu Alam – Taman merupakan sebuah area yang ditanami berbagai jenis tumbuhan dan dihiasi beberapa komponen tambahan sebagai pemanis. Komponen-komponen tambahan yang ada di taman biasanya berupa jalan setapak, air mancur, kolam, ayunan, dan lainnya.

5 Manfaat dan Kelebihan Taman Depan Rumah Sederhana

Memiliki sebuah taman di bagian depan rumah tentunya akan mendapatkan beberapa manfaat bagi rumah dan para penghuninya, di antaranya :

  • Membuat halaman rumah menjadi lebih indah

Manfaat taman yang utama ini memang tidak bisa disangkal. Adanya taman di depan rumah akan sangat menambah nilai keindahan sebuah rumah. Hal ini dikarenakan taman identik dengan bebungaan yang berwarna-warni. Terlebih apabila bunga-bunga dan komponen lainnya tersusun dengan rapi, kesan rumah yang indah tentu akan sangat memancar.

  • Dapat menyaring polusi udara dan menghasilkan oksigen

Manfaat berikut ini mungkin ditujukan untuk rumah-rumah yang berada di daerah perkotaan, yang mana polusi udara sangatlah mengganggu dan dapat mempengaruhi kesehatan. Taman di depan rumah dapat membantu menyaring polusi udara kotor tersebut dan menghasilkan oksigen yang baik dari dedaunan yang ada di taman. Lingkungan yang bersih dan sejuk tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan.

  • Sebagai area resapan air hujan

Tanah yang ada di area taman sangat bermanfaat bagi turunnya air hujan khususnya di daerah perkotaan. Banyaknya bangunan membuat area resapan air hujan kurang terpenuhi. Adanya taman akan membantu air hujan masuk sehingga dapat mencegah banjir. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

  • Sebagai tempat bersantai keluarga

Jika lelah dengan aktifitas sehari-hari seperti bekerja dan bersekolah, para anggota keluarga dapat memanfaatkan adanya taman sebagai tempat bersantai. Udara yang sejuk pada taman dapat menyegarkan pikiran dan tubuh. Untuk hal semacam ini, dibutuhkan adanya komponen tambahan seperti kursi, ayunan, maupun gazebo agar area bersantai keluarga lebih nyaman untuk ditempati.

  • Sebagai tempat penyaluran hobi

Biasanya, para ibu memiliki hobi bercocok tanam dan menyukai bebungaan. Jika memiliki taman, tentunya akan sangat mudah bagi para ibu untuk menyalurkan hobinya. Bahkan apabila ditekuni dengan baik, hobi bercocok tanam dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

  • Tidak memerlukan biaya yang besar

Taman depan rumah sederhana tidak memerlukan biaya yang besar dibandingkan dengan taman dengan desain mewah. Taman depan rumah sederhana dapat dibuat dengan desain minimalis namun tetap akan memberikan kesan manis. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pengaturan tanaman dan komponen yang ada.

Penggunaan Batu Alam Untuk Taman Depan Rumah Sederhana

Ada beberapa jenis batu alam yang dapat digunakan dalam pembuatan taman, seperti batu koral, batu andesit, batu candi, dan batu palimanan. Jenis-jenis batu alam tersebut memiliki karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Anda hanya perlu memilih jenis batu alam sesuai dengan budget yang dimiliki. Berikut penjelasannya :

  • Batu koral

Batu koral memang identik sebagai batu yang ditebar pada lantai taman. Selain dapat memperindah tampilan taman, batu koral juga dapat mencegah lantai taman menjadi licin ketika basah. Fungsi lainnya yang tidak kalah menarik adalah batu koral dapat dimanfaatkan sebagai sarana pijat refleksi kaki, karena itulah permukaan lantai batu koral biasanya dibuat menonjol. Biasanya batu koral dipatok dengan harga kurang lebih Rp 5.000,-/kg

  • Batu andesit

Jenis batu alam kedua ini merupakan yang paling populer karena sifatnya yang keras dan padat. Alasan inilah yang membuatnya cocok diaplikasikan di bagian rumah manapun, termasuk taman. Biasanya batu andesit digunakan sebagai bahan pembuat dinding taman dan jalan setapak. Batu andesit biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp 85.000,-/m², tergantung ukuran yang diinginkan.

  • Batu candi

Hampir mirip dengan batu andesit, batu candi juga banyak digunakan sebagai penghias taman. Jika batu andesit digunakan bahan pembuat dinding dan jalan setapak taman, batu candi lebih untuk membuat patung air mancur. Jenis batu ini kurang cocok apabila digunakan untuk jalan setapak, karena memiliki pori-pori yang akan membuatnya licin ketika dipijak. Biasanya batu candi dipatok dengan harga mulai dari Rp 60.000,-/m², tergantung ukuran yang diinginkan.

  • Batu palimanan

Batu palimanan juga jenis batu alam yang cocok untuk diterapkan pada taman, karena tampilan fisiknya yang indah dan menyatu dengan alam. Namun, karateristik batu palimanan sebenarnya cenderung rapuh dan berpori-pori sehingga wajib dilapisi dengan cairan coating setelah pemasangan selesai dilakukan. Batu palimanan biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp 60.000,-/m², tergantung ukuran yang diinginkan. Baca juga : Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

Tips Membuat Taman Depan Rumah Sederhana di Depan Rumah

Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda untuk membuat taman depan rumah sederhana sendiri tanpa bantuan tukang. Silahkan perhatikan beberapa tips membuat taman berikut :

1. Pertimbangkan ukuran area halaman rumah

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat taman di depan rumah adalah mempertimbangkan ukuran area halaman rumah. Ukuran atau luas area dapat menentukan tema taman dan jenis tanaman apa yang akan dipilih. Jika ukurannya cukup luas dan Anda memiliki budget lebih, pertimbangkanlah untuk meletakkan komponen tambahan seperti gazebo, ayunan, tempat duduk, atau yang lainnya. Jika ukuran halaman cenderung kecil atau sempit, gunakan tanaman dengan ukuran kecil. Jangan terlalu banyak meletakkan tanaman kecil karena akan memberikan kesan yang terlalu penuh.

2. Gunakan tema yang sesuai dengan desain rumah

Ada beberapa jenis tema yang dapat diterapkan pada taman, di antara taman modern, taman minimalis, taman klasik, taman tradisional, taman tropis, dan lainnya. Pilihlah tema taman yang sesuai dengan konsep desain rumah Anda. Jika rumah Anda minimalis, pilihlah tema taman yang minimalis pula. Kesesuaian tema taman dengan desain konsep rumah akan menampilkan kesan yang seimbang antara keduanya. Tentunya, harus disesuaikan dengan ukuran lahan halaman yang ada.

3. Perhatikan tata letak tanaman dan komponen tambahan lainnya

Untuk menghasilkan tampilan taman yang indah dan menarik, Anda juga harus pandai dalam mengatur tata letak tanaman dan komponen tambahan lainnya. Sebagai contoh, jika lahan yang dimiliki cukup luas dan Anda ingin meletakkan ayunan, letakanlah ayunan tersebut di bagian tengah taman. Atau jika ukuran lahan cenderung sempit namun Anda tetap ingin meletakkan ayunan, letakanlah ayunan di bagian pinggir taman. Apabila ingin menambahkan jalan setapak, usahakan agar letak jalan setapak tidak mengganggu tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya. Begitupun sebaliknya, letak tanaman tidak boleh mengganggu jalan setapak yang ada.

4. Pilih jenis tanaman yang menarik

Tanaman yang menarik bukan berarti harus berwarna-warni, tetapi haruslah sesuai dengan porsi taman yang ada. Jangan gunakan terlalu banyak jenis tanaman yang berwarna-warni, karena akan terlihat ramai dan sesak. Cobalah untuk mengkombinasikan bunga dengan sayuran, atau bunga berwarna dengan bunga dedaunan hijau.

5. Jangan lupakan pentingnya saluran air

Saluran air atau drainase merupakan sesuatu yang harus ada di sebuah taman. Fungsi drainase adalah sebagai tempat pengatur dan penyerap kelebihan air supaya tidak menggenang setelah Anda menyirami tanaman. Apabila sistem penyerapan air bagus maka tanaman yang ada pada taman pun akan tumbuh dengan baik. Kondisi taman dengan kelembaban yang pas akan membuat tanah dalam kondisi yang baik, sehingga tanaman pun akan tetap subur. Selain itu, taman yang terlalu basah juga akan terkesan becek dan dapat mengakibatkan akar tanaman cepat membusuk.

Contoh Desain Taman Batu Alam

Berikut akan kami bagikan beberapa contoh desain taman depan rumah sederhana dengan batu alam sebagai referensi untuk Anda. Ukuran taman bisa bervariasi disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki di depan rumah. taman depan rumah sederhana

taman depan rumah sederhana

taman depan rumah sederhana

taman depan rumah sederhana

taman depan rumah sederhana

taman depan rumah sederhana

Demikianlah beberapa contoh desain taman depan rumah sederhana dengan batu alam yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Semoga bermanfaat! 😉 =============================================================================== Baca juga :

Perpaduan Cantik Batu Koral Sikat dengan Taman Hijau

Tips Desain Lantai Batu Alam Untuk Taman, Begini Kreasinya!

Trend Dinding Batu Alam Taman Belakang Rumah Terbaru 2019

Taman Batu Alam di Dalam Rumah, Solusi Rumah Asri dan Segar

Model Batu Alam Untuk Teras Rumah Terbaru 2019 =============================================================================== PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *