Artikel Batu Alam

Tiang Teras Batu Alam, Tips Mudah Memperindah Eksterior Rumah

Tiang teras batu alam – Umumnya, teras didefinisikan sebagai ruang peralihan dari bagian luar menuju ke dalam rumah maupun sebaliknya. Teras rumah sebaiknya didesain dengan baik karena teras lah yang pertama kali tamu lihat atau kunjungi ketika hendak masuk ke dalam rumah.

Teras yang indah akan mencerminkan isi rumah yang indah pula. Begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, cukup penting membuat desain teras yang menarik agar kesan rumah secara keseluruhan juga menarik. Bagaimana caranya?

Cara Memperindah Tampilan Teras Rumah

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan teras rumah menjadi lebih indah, salah satunya adalah dengan memahami elemen-elemen yang terdapat pada teras, lalu mengubahnya menjadi apa yang Anda inginkan. Berikut elemen-elemen yang terdapat pada teras :

  1. Atap

Elemen pertama yang sudah pasti ada pada sebuah teras tentunya adalah atap. Tidak mungkin sebuah teras dibangun tanpa atap bukan? Model atap teras rumah biasanya disesuaikan dengan desain dari rumah itu sendiri. Misalnya, untuk rumah dengan desain sederhana biasanya menggunakan model atap rumah yang sederhana pula tanpa adanya detail berlebih.

Selain itu, ada pula rumah yang menggunakan kanopi sebagai atap teras. Fungsi penggunaan kanopi sama saja dengan atap pada umumnya. Tetapi, kanopi memiliki kemampuan untuk memfilter cahaya matahari. Apabila Anda memiliki beberapa tanaman di teras rumah, kanopi dapat menjadi pilihan yang tepat.

  1. Dinding

Setelah atap, teras juga pasti memiliki dinding. Dinding merupakan elemen yang bisa dibilang berperan paling penting dalam keindahan teras. Terdapat beberapa cara untuk mempercantik tampilan dinding teras, di antaranya adalah penggunaan warna cat yang menarik, penggunaan wallpaper dinding, maupun penggunaan batu alam.

Untuk warna cat dinding, Anda bisa gunakan warna apapun sesuai dengan selera. Jika ingin menggunakan lebih dari satu warna, pastikan bahwa kombinasi warna yang Anda gunakan tidak terlalu timpang atau bertabrakan. Sebagai contoh, kombinasikan warna vibrant dengan warna pastel seperti kuning dengan krem atau hitam dengan abu-abu.

Untuk penggunaan wallpaper, sebenarnya masih jarang dilakukan. Tetapi jika Anda ingin mencobanya, usahakan pilih gambar yang natural seperti motif batu atau geometric dengan warna-warna netral.

Sedangkan untuk penggunaan batu alam, bisa dengan jenis batu alam apa saja. Tetapi, usahakan untuk menggunakan jenis batu alam yang berkarakteristik keras dan padat seperti batu andesit atau batu templek. Penggunaan jenis batu alam lainnya boleh saja, asalkan dilapisi dengan cairan coating.

Baca juga : Cara Coating Batu Alam yang Benar

  1. Lantai

Ada beberapa pilihan material untuk lantai eksterior rumah, seperti keramik, kayu, maupun batu alam. Jika ingin menggunakan keramik, pilihlah keramik khusus untuk eksterior rumah agar lebih tahan lama.

Jika ingin teras rumah terkesan hangat, bisa gunakan material berbahan kayu. Dan jika ingin teras rumah lebih terkesan alami, gunakanlah material batu alam. Masing-masing material tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

  1. Tiang

Adanya tiang pada teras rumah berfungsi sebagai penyangga atau penahan beban dari atap rumah. Tetapi tidak jarang tiang juga dianggap sebagai elemen penghias tampilan teras rumah agar lebih indah.

Terdapat beberapa material yang dapat digunakan untuk pembuatan tiang di antaranya kayu, beton, hingga batu alam. Tiang teras kayu cocok untuk rumah bergaya etnik atau tropis dengan sentuhan tradisional.

Tiang teras beton dapat digunakan pada rumah bergaya apapun karena sifatnya yang lebih kuat. Sama seperti tiang teras beton, tiang teras batu alam juga dapat digunakan pada rumah bergaya apapun, baik klasik maupun modern.

5 Tips Memperindah Eksterior Rumah Dengan Tiang Teras Batu 

Setelah memahami elemen apa saja yang terdapat pada teras, selanjutnya tentukan elemen mana yang harus diubah menjadi lebih menarik. Pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan tips bagaimana memperindah eksterior rumah dengan tiang teras batu alam.

  • Gunakan Jenis Batu Alam Berwarna Cerah

tiang teras batu alam
Tiang Teras Batu Alam Pacitoroso

Jika ingin rumah Anda terkesan berwarna alami, cobalah untuk menggunakan jenis batu alam berwarna cerah. Seperti pada contoh gambar di atas yang menggunakan jenis batu alam pacitoroso. Batu alam pacitoroso memang dikenal dengan warnanya yang indah, seperti kuning, orange, dan merah. Penggunaan jenis batu alam berwarna alami, akan memudahkan Anda memilih warna cat dinding untuk eksterior rumah. Sebagai alternatif, Anda bisa gunakan batu alam palimanan maupun batu api. Kedua batu ini juga memiliki warna yang mirip dengan batu pacitoroso.

  • Aplikasikan Batu Alam Pada Setengah / Sepertiga Bagian Tiang

tiang teras batu alam
Penggunaan Batu Alam Templek Pada Setengah Bagian Tiang dan Dinding

Jika teras rumah Anda terkesan monoton dan budget yang Anda miliki terbatas, cobalah untuk mengaplikasikan batu alam pada setengah atau sepertiga bagian tiang saja. Hal ini sudah cukup membawa pengaruh baik untuk teras rumah Anda. Terlebih apabila batu alam yang sama juga diaplikasikan pada dinding teras. Anda bisa menggunakan jenis batu alam apapun, contohnya batu templek seperti gambar di atas. Jadi, keterbatasan budget bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan 😉

  • Sesuaikan Cat Dinding Eksterior Dengan Warna Alami Batu Alam

tiang teras batu alam
Batu Alam Paras Jogja Serasi Dengan Warna Cat Dinding Eksterior

Jika Anda menyukai kesan rumah yang elegan dan manis, usahakan cat dinding eksterior rumah disesuaikan dengan warna alami tiang teras batu alam. Seperti pada contoh gambar di atas yang menggunakan batu alam paras jogja berwarna krem dengan pola normal. Warna cat dinding yang diaplikasikan pun hampir sama dengan warna alami batu, yaitu krem kecokelatan dengan sedikit kombinasi warna putih.

  • Tidak Ada Salahnya Menggunakan 2 Jenis Batu Alam Pada Eksterior Rumah

tiang teras batu alam
Kombinasi Dua Jenis Batu Alam Untuk Eksterior Rumah

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis batu alam dengan karakteristik yang berbeda-beda. Jika Anda bingung menentukan 1 jenis batu alam, mengapa tidak memilih 2? Tidak ada salahnya menggunakan 2 jenis batu alam pada eksterior rumah. Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa kombinasi 2 jenis batu alam pun dapat menghasilkan sesuatu yang indah untuk dipadang, dan tentunya unik. Tiang teras batu alam dibuat dengan sentuhan batu palimanan dan pada sisi kanan kiri dinding dibuat dengan batu templek.

  • Tampil Minimalis Dengan Batu Andesit Alur

tiang teras batu alam
Tiang Teras Batu Alam Andesit Alur Untuk Eksterior Rumah Minimalis

Sudah bukan rahasia umum bahwa batu alam andesit memang yang paling banyak diminati masyarakat karena karakteristiknya yang sangat bagus. Tiang teras batu alam andesit pada gambar di atas merupakan salah satu contoh desain yang terbilang sederhana namun tetap tampak manis. Model tiang teras batu alam ini sangat cocok diaplikasikan pada tipe rumah minimalis dengan ukuran teras yang tidak terlalu besar. Penggunaan warna pastel untuk cat dinding pun akan membuat eksterior rumah menjadi lebih kalem dan elegan.

===============================================================================

Artikel Terkait :

Model Batu Alam Untuk Teras Rumah

Model Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Variasi Batu Andesit (2019)

Batu Alam Hitam Untuk Dinding Depan Rumah, Gagah & Mewah!

Cara Memasang Batu Alam yang Benar Agar Tahan Lama

Harga Batu Alam Cirebon Termurah, Langsung dari Pabrik – 2019

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *